saraahmegha.com

Mengajarkan Menumbuhkan Empati dan Menghargai Perbedaan: Rekomendasi Lima judul buku Bacaan Anak tentang Anak Istimewa

29 komentar



Maha Suci Allah yang telah menciptakan segenap makhluk dengan segala kekurangan dan kelemahan mereka. Dialah satu-satunya Dzat yang memiliki kesempurnaan.

Bismillahi

Qodarulloh beberapa waktu lalu ketika saya menemani anak saya untuk latihan karate, putri saya sedikit kurang nyaman ketika saya sedang mengobrol dan menyapa salah satu Ibunda dan anak beliau. Qodarulloh dengan takdir Allah putra beliau mendapat keistimewaan dari Allah, dan memang tampak jelas di fisiknya. Sedikit terkejut saat putri saya menangis kencang, yang membuat saya dihinggapi rasa sungkan dan tampak perubahan raut tak nyaman dari si Ibu yang saya sapa. Mencoba untuk tetap tenang, dan memilih untuk permisi untuk menenangkan Naazneen.

Malam hari yang entah bagaimana, jariku menjelajah di salah satu perpustakaan online Ipusnas dan Ijogja. Kemudian menemukan buku khas tiga ananda yang biasanya satu tema berisi lima judul buku. Buku karya Tria Ayu K, dan ilustratornya Vicky Tito Guizar. Dengan cerita yang bagi saya sederhana namun bisa (atau tahap mencoba memahami) di usia Ghaaziy 5 tahun. Untuk Naazneen (23 bulan) sepertinya belum ya, tapi ia ikut menyimak ketika aku membacakan kelima buku ini.

Baik kita mulai review kelima buku ini ya (SPOILER ALERT!!)
Seri Buku    : Seri Kenalan, Yuk!
Penulis         : Tria Ayu K
Ilusatrator   : Vicky Tito Guizar
Penerbit       : Tiga Ananda
Terdiri dari Lima judul buku, masing-masing 34 halaman.        

Pemilihan judul buku saya buat acak ya, karena memang tidak ada tulisan jilid satu dua tiga.

1. Lukisan Kata

Buku ini tersedia di Ipusnas secara digital. Pickbook ini menceritakan tentang persahabatan Karim dan Ginda. Karim seorang anak yang mendapat keistimewaan dari Allah Tunanetra. Dikisahkan bahwa Ginda seorang gadis yang periang yang kerap membacakan buku cerita kepada Karim. Begitulan kegiatan setiap hari mereka. Namun suatu hari Karim merasa kehilangan Ginda, beberapa hari Ginda tidak mengunjungi rumah Karim, Membuat Karim bertekad untuk mengunjungi rumah Ginda. Dengan ingatan petunjuk dari Ginda (sudara dan aroma), Karim akhirnya menemukan rumah Ginda, yang ternyata sedang sakit.
Kisahnya cukup manis bukan?

Sumber: Tiga Serangkai

2. Fina si Calon Atlet

Pictbook ini bercerita tentang Fina yang memiliki keistimewaan Tunadaksa, sudah bisa terbaca di judul ya, hehehe. Pictbook ini di awali oleh sekumpulan anak yang sedang bermain meniti bambu di atas kolam. Tampak sorak sorai dan tawa bahagia khas anak-anak sedang bermain bersama. Fina digambarkan sebagai anak yang ceria dan memiliki banyak teman, meski ia memiliki keistimewaan. Teman-temannya selalu berusaha untuk menolongnya, namun Fina selalu menolak dan menganggap ia mampu melakukannya sendiri. Fina seorang gadios yang mandiri dan berusaha menolong siapa saja, membuat Fina mendapat rasa cinta dari teman-temannya.  
Jujur saja ketika membaca ini ada rasa hangat di hati dan pelupuk mata.
Sumber: Tiga Serangkai

3. Riuh Tanpa Suara

Kisah diawali dari perjalanan Nara di lorong sekolah, ini hari pertamanya bersekolah di sana. Ia mencoba menyapa dua orang yang Nara jumpai pertama kali, namun kedua gadis itu tidak menjawab dan asyik sendiri. Nara mencoba bertanya kembali, namun kedua gadis hanya menoleh dan tersenyum. Nara tampak murung, dan bertanya dalam hati kenapa kedua teman bnarunya tidak menjawab sapaan dan pertanyaan Nara. Meski anak baru di sekolahnya, Nara sudah memiliki teman-teman baru. Saat Nara berkeliling sekolah, ia selalu berjumpa dengan kedua gadis tersebut, mereka berdua selalu tampak heboh sendiri. Oarang-orang yang bertemu dengan mereka juga tampak heboh. Bahkan saat Nara menjumpai mereka berdua di perpustakaan mereka tampak asyik mengobrol dan heboh. Nara samapai penasaran apa yang mereka bicarakan. Saat Nara hendak menguping, hanya hening yang terdengar. 
Penasaran kelanjutannya? bisa langsung di baca via Ijogja ya.

Sumber: Tiga Serangkai

4. Hari Superseru

Kisah selanjutnya dari persahabatan Kino dan Aldi. Awal kisah digambarkan beberapa anak sedang makan bersama di atas rerumputan. Tampak Vino sedang bergumam tentang Aldi yang tidak boleh makan manis-manis. Kemudian Vino mendekati Aldi dan menawari Aldi sepotong donat. Aldi sangat gembira dan menghabiskan seluruh donat yang diberikan Vino. Namun, usai memakan donat Aldi menunjukan rasa gembiranya yang sampai membuat Vino kuwalahan. Aldi melompat kesana kemari, berlari, berputar di kelas.
Kira-kira apa yang terjadi kepada Aldi ya? sila intip dan baca buku ini di Ipusnas ya, karena di Ijogja untuk seri ini tidak tersedia.

Sumber: Tiga Serangkai

5. Kima Sayang Kak Kiara

Pictbook selanjutnya berkisah tentang si Adik yang bernama Kima, yang memiliki seorang Kakak bernama Kiara. Kiara dan Kima selalu bersama, apa yang dilakukan Kima selalu diikuti oleh Kiara, Kiara yang selalu ikut ada kalanya membuat Kima merasa lelah, karena Kiara tidak betah diam dan selalu berulah. Suatu ketika saat Kima sedang mengerjakan tugas sekolah bersama temannya, Kiara membuat Kima marah karena merusak hasil karyanya. Kima kesal dan menangis, ia sampai tak mau berbicara dengan Kiara. Kima menangis dan bercerita kepada bundanya. Bunda selalu berusaha menjelaskan kepada Kima tentang keistimewaan Kakaknya, Kima diminta untuk mengerti Kakaknya, namun Kima masih bersedih karena selalu diminta untuk selalu memahami kondisi kakaknya. Kiara mendengar apa yang dibicarakan Bunda dan Kima, membuat hati Kiara juga sedih. 
Buku ini bercerita tentang Kiara yang Tunagrahita. 
Lagi-lagi buku ini membuat saya sedikit merembes karena kehangatan rasa cinta antara Kima dan Kiara. sila dibaca di Ipusnas ya.
Sumber: Tiga Serangka

Bagi saya pribadi kelima buku ini cukup apik, sederhana namun sangat hangat dan penuh makna. Sayangnya untuk buku fisik sudah dibatasi, karena setahu saya Tiga Aksara sudah tidak menerbitkan buku fisik lagi, namun mungkin masih bisa dijumpai di beberapa marketplace meski saya agak sanksi dengan kelengkapan lima judul ini, namun jangan khawatir kelima judul buku tadi bisa di baca secara online dan legal lewat Ipusnas. 

Selamat membaca 

Related Posts

29 komentar

  1. MaasyaAllah, jazaakillahu khoyron ummu ghaazy infonya... seneng kalo ada rekomendasi buku-buku anak yang bisa menumbuhkan rasa empati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma syaa Allah, terima kasih sudah berkunjung ke sini ya mbak, semoga bermanfaat ❤️

      Hapus
  2. Ya Allah aku pake telat banget mbak . padahal banyak sekali Ilmu bertebaran dimana-mana. Semoga segera bisa berselancar membersamai anak-anak dengan buku-buku yang direkomendasikan diatas

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. meluncuuur umiik, lumayan banget buat buku-bukunya terbilang up to date

      Hapus
  4. Seertinya ceritanya sangat bagus untuk menumbuhkan empati anak. πŸ˜„

    BalasHapus
  5. Jangankan anak-anak, aku yang baca baru spoiler dikit gini aja merasa tertarik loh. Dari dulu aku suka baca buku cerita anak, simpel dan banyak makna untuk bisa dipelajari. Terutama soal empati

    BalasHapus
  6. Penuh makna dan hikma yang kita bisa petik

    BalasHapus
  7. Jazakillah khoir mbk,bs jd rekomendasi bacaan buat anak2

    BalasHapus
  8. Pas buat koleksi ni. Makasih mb

    BalasHapus
  9. Wah recommended bangett ini yaa πŸ˜€. Kelima alur cerita dalam buku ini memang sederhana, namun dalam sekali maknanya. Hanya dengan membaca review yg mba sajikan, saya sudah jatuh hati dan ingin membaca secara lengkap masing-masing ceritanya. Apalagi saat ini saya memiliki dua balita yg mulai beranjak rasa keingintahuannya, membacakan buku-buku ini bisa jd momen yg tepat untuk menumbuhkan rasa empati di hati mereka. Terima kasih informasinya mba Sarah, reviewnya sangat bermanfaat ❤πŸ™

    BalasHapus
  10. Kayaknya bagus bukunya, ya. Jadi inhet zaman anak-anak masih balita, kalau beli buku edisian gini, terpksa papa atau mama gak beli dulu, soalnya nuku anak memang lumayan harganya🀭

    BalasHapus
  11. bukunya bikin rembes kayaknya yaa... sayang ipusnas ku sdh didelete, kayaknya kudu diinstall lagi πŸ€—

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, terima kasih mb sharingnya.. buku yang bagus untuk dibacakan pada anak-anak. anak-anak perlu tahu bahwa ada perbedaan dan merka juga harus tahu bagiamana menyikapinya. jazakillah khoir, mb.

    BalasHapus
  13. Terimakasih sharingnya mbak

    Buku-buku ini sepertinya memang tepat sekali dipakai untuk mengajarkan anak pentingnya memahami perbedaan

    semoga bisa segera ikutan baca juga 😊

    BalasHapus
  14. Masyaallah, terima kasih sharing dan rekomendasinya, Mbak. Memang perlu ditanamkan kepada anak-anak tentang kesetaraan semua manusia di hadapan Allah.

    BalasHapus
  15. Makasih mbak rekomendasinya, belum pernah pakai buku digital. Kalau pakai digital, baca di depan anaknya tetap dihadapkan kaya pas baca buku ya mbak?

    BalasHapus
  16. Waaaaah makasih mba, rekomendasi buku-bukunya bagus sekali. Ngga cuma buat anak-anak ya, aku aja orang gede penasaran sama jalan ceritanya. Langsung meluncur ke Ipusnas

    BalasHapus
  17. Keren Mba reviewnya.. trimaksih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  18. Wah, bukunya bagus-bagus ya bun. Terimakasih rekomendasinya. Pengin juga kasih baca ke anakku. Buku adalah teman dia dikala bosan. Hehe

    BalasHapus
  19. Pas banget dapat referensi untuk baca buku bareng anak. Dari kemarin nyari buku yang cocok untuk dibaca dengan anak. Terima kasih mba

    BalasHapus
  20. Terima kasih infonya mbak

    Bisa dicoba juga di app let's read mbak. Banyak sekali cerita tentang perbedaan. Kalo mau yang cetak buku2 clavis juga oke 😊

    BalasHapus
  21. Terimakasih infonya...ipusnas membantu banget ya

    BalasHapus
  22. Masyaa Allah keren banget rekomendasi bukunya mba, insightnha bagus banget inj, meluncur ipunas

    BalasHapus

Posting Komentar