saraahmegha.com

Step by step pengalaman pribadiku membuat sticker whatssapp

15 komentar
sticker-whatssapp
Stiker pertamaku @saraah.megha

Menulis, menggambar, desain, journaling dan krafting adalah proses kreatif yang sedang kujalani. Satu hal menjadi yang utama, dan lainnya menjadi penunjang. Bila jenuh di salah satu maka yang lain menjadi healing tersendiri untuk mengurai kepenatan.

Saat ini sedang fokus di ranah menulis. Alhamdulillah berkesempatan untuk menimba ilmu langsung kepada salah satu editor di penerbit Kanak, selama tiga bulan intensif. Rasanya nano nano dan sempat burn out. Kenapa? Karena di bulan pertama kami habis habisan riset setiap pekan membaca hampir 250 naskah, belum lagi kami harus meriset ratusan buku di berbagai penerbit.

Yap, aku burn out, lalu memutuskan untuk rehat sejenak dari naskah-naskahan dengan menggambar. Menggambar salah satu kesukaanku juga, meski hanya sebatas hobi. Aku tak menjadikannya sebagai ladang cuan, karena memang gambarku masih di B saja, dan belum pro. Namun aku sangat menikmati prosesnya.

Beberapa waktu lalu aku tertantang karena obrolan di salah satu komunitas tentang stiker whats app, dan secara garis besar membahas tentang proses pembuatannya. Meski aku tak menyimak secara langsung, dan memilih langsung belajar via profesor youtub hahaha.

Qodarulloh saat itu aku juga sedang mengobrol random dengan salah satu teman baikku tentang stiker whatsapp ini. Di mana, cukup efektif untuk memulai basa basi atau seru-seruan hahaha.

Kala itu kami membahas tentang “Love sekebon” dan “sarangbeo” hahaha, menarik. Lalu aku mendapatkan satu setiker dengan tulisan Lope sekebon, yang lalu kusave. Ternyata beberapa waktu belakangan aku sering memakai stiker ini hahaha.

Lalu tiba-tiba letupan membuat stiker ini semakin membuncah, tepat saat itu suamiku akan safar keluar kota. Salah satu yang menjadi kebiasaanku ketika beliau safar adalah, aku senantiasa terjaga sembari menanti kabar dari beliau ini. Karena kala itu beliau berkendara menggunakan jalur darat dengan mobil. Aku mulai mencoret-coret dan mencoba untuk membuat stiker ini.

Simak, step by step membuat stiker whats app ini ya.

1. Tentukan tema
Untuk sticker pertamaku ini aku menggunakan tema "safar" ya karna awalnya dibuat untuk keperluan bernagi stiker dengan suami yang sedang safar. Kalimat dan gambar yang akan dipakai juga tak jauh dari apa yang sering kita ucap ketika safar.

2. Mulai menentukan pallet warna
Pallet, ini salah satu point penting dalam membuat sticker pack. Sebenarnya tanpa pallet juga tidak mengapa juga, namun dengan pallet yang sama, sticker yang akan kita buat akan lebih kompak dan lebih tertata manis.
Pallet warna @saraah.megha

Entah mendadak aku ingin menggunakan pallet ini. Untuk pallet warna sebenarnya aku pernah mengisi kulwap tentang pemilihan warna, mungkin lain kali akan kutulis di sini juga.

3. Buat desainnya
Bagian paling penting, mulai membuat desainnya. Ini adalah inti dari intinya inti hahahaha dalam pembuatan sticker.
proses menggambar sticker @saraah.megha

Untuk desain gambar, kancarasa bisa menggambar sendiri ataupun menggunakan elemen dari aplikasi sejuta umat, yaitu canva.

Jika kancarasa ingin lebih ekslusif, kancarasa bisa menggambar sendjrk dengan menggunakan aplikasi medibang, ibis, atau ptocreate seperti saya. Jangan lupa gambar yang di save dalam bentuk png yang tanpa latar belakang ya.

4. Instal wemoji atau stikerly
Nah, ini adalah aplikasi yang akan .engubah gambar menjadi format sticker nih kancarasa. Aku mengunduh keduanya, namun aku lebih merekomendasikan untuk memakai wemoji. Kenapa? Karena lebih mudah dipakai dan sticker bisa kita namai dengan jati diri kita. Meski jelemahannya, gambar yang akan diupload maksimal 100 mb dan tidak bisa lebih meski lebih satu misal 101 mb tetap saja tidak bisa diproses.

Instal wemoji ini ya


Sedangkan untuk stikerly, mungkin karna aku belum benar-benar oprek aplikasi ini jadi rasanya kurang sreg, meski bisa upload gambar lebih dari 100mb.

Tampilan wemoji

Kancarasa bisaa langsung membuat sticker baik itu sricker biasa atau sticker yang bergerak, ada pilihannya juga. Tampilannya sederhana dan user friendly.

6. Selamat menikmati stiker baru
Setelah gambar-gambar dan kalimat yang dibuat di upload melalui wemoji, setelah itu akan ada pilihan add sticker, dan setelah di klik maka sticker baru langsung tersemat, dan taraaaa selamat mendapatkan sticker baru nih kancarasa.

Respon teman-teman


Satu pack Stiker Sekebon 1.0 by @saraah.Megha, berisi sekitar 12 desain, lima kalimat dan tujuh gambar faceless, temanya ya karena saat itu sedang ditinggal safar, jadi tak jauh tentang safar. Ada desain fiii amanilah, share lock atau desain lainnya termasuk Love Sekebon hahaha.

Hari pertama upload, instgramku mencapai 70 sekian suka dan belasan komen, tak hanya itu ternyata cukup ramai di facebook dan whatssappku ramai sampai malam, termasuk di hari kedua, tersnyata masih banyak apresiasi. Ma syaa Allah, rasanya terharu, bahkan ada satu penulis, Bu DK Wardhani sampai mengenali stiker yang kubuat, ma syaa Allah rasanya haru biru. Terima kasih atas segala respon positifnya.

Tak hanya itu, beberapa teman bahkan langsung memesan stiker yang kubuat, untuk keperluan branding mereka. Namun untuk ini memang kubatasi, aku tak ingin suka cita menggambarku berubah menjadi beban karena harus mengikuti standart orang lain. Meski begitu aku sangat berterima kasih atas segala respon yang ada, terima kasih sudah menerima stiker pertamaku, dan in syaa Allah akan ada stiker 2.0 selanjutnya, dengan tulisan dan tema yang berbeda in syaa Allah, semoga berkah ya.

Manfaat stiker


Setelah membuat stiker dan respon ini, aku jadi tertarik mengenai konsep dan strategi branding dengan menggunakan stiker ini, teringat beberapa waktu lalu aku juga mendapatkan stiker dari @thegangoffur dan @elhana dengan desain yang super gemas.

Ternyata membuat stiker ini juga bisa menjadi sarana promosi dan juga branding diri, wah menarik. Sepertinya aku mulai tertarik dengan coba-coba membuat stiker di instastory atau frame di instastory hihihi, yap karena beberapa waktu lalu, salah seorang temanku sempat menantangku untuk membuat ini, dan sepertinya beliau tahu kalau aku mampu namun mager hahaha, tapi yap bisa dicoba in syaa Allah.


Related Posts

15 komentar

  1. Imut banget stickernya
    Bisa dicontek nih step by stepnya
    Makasih Kakak, untuk tips-nya

    BalasHapus
  2. Kah keren proses kreatifnya. Kalau saya mah nggak bisa gambar mbak.jadi mupeng..anak saya suka banget menggambar tapi saya kurang memfasilitasi. Boleh dong sharing nya

    BalasHapus
  3. cakep banget hahaha. Aku sejujurnya ga gitu interest sama stiker whatsapp. Kalau ada stiker muncul pun aku ga save entah kenapa. Main stiker di telegram aja

    BalasHapus
  4. Jadi ada personal branding ya mbak, dengan sticker hasil buatan sendiri. Pingin nyoba, nih bikin aneka sticker yg biasa sering digunakan. Thankyou mbam.

    BalasHapus
  5. Wah bagus banget mbak, lucu stickernya.

    Terima kasih buat tutorialnya Mbak. Bikin sticker sendiri jadi lebih personal ya, bagus juga buat personal branding.

    BalasHapus
  6. Lucu-lucu stikernya. Kreatif banget. Bikinnya pakai apa nih, Mbak? Lanjutkan, siapa tau bisa jadi ladang cuan.

    BalasHapus
  7. Wah multitalenta Mba...pinter gambar juga, keren ini sticker WA-nya. Semoga makin banyak ide dan kreasinya nanti. Semangat!

    BalasHapus
  8. MasyaAllah dulu aku juga pernah ikut kelas gambar digital pake medibang dan infinite painter. Seru juga kalo bisa bikin stiker sendiri pake gambar sendiri pula

    BalasHapus
  9. Stikernya gemes banget, keren sih berbakat banget mbak. Jadi pengen liat cara bikinnya secara langsung dan pengen bisa bikin striker juga deh, hehe..

    BalasHapus
  10. Lucuuuu dan super gumushhh
    Mau bgt bikin stiker whatsapp juga.
    Makasii sharing nya yaaaa

    BalasHapus
  11. Wah, keren Mbak... ternyata Mbak ilustrator juga ya. Saya selalu salut dengan orang-orang yang bisa membuat desain dari nol. Semoga kapan nanti saya ada kesempatan belajar membuat ilustrasi dari awal juga..

    BalasHapus
  12. kreatif banget kak, lucu-lucu stikernya, saya penikmat stiker dulu deh untuk sementara waktu, tipsnya cocok nih untuk anakku, dia juga suka gambar-gambar dan buat stiker

    BalasHapus
  13. Wah lucu lucu mbak stikernya
    Aku mau share ke anakku ah, dia suka juga bikin stiker stiker seperti ini

    BalasHapus
  14. Sayapun menggambar menggunakan aplikasi sejuta umat. Hehehe. Cuma bisanya segitu. Tapi benar, kok, menggambar itu memang nggak pernah membosankan.

    BalasHapus
  15. Keren mba, bisa bikin stiker sendiri. Aku punya beberapa stiker yang ada wajahku, tapi yang mengerjakan orang lain. Lebih tepatnya sih waktu itu digunakan untuk saling ngece alias berolok-olok. Dengan teman dekat sih, jadi enggak tersinggung. Plus stikernya hanya digunakan di grup tertutup itu saja, tidak dibawa-bawa keluar. :))

    BalasHapus

Posting Komentar