saraahmegha.com

Ragam Warna Merah, dan kaitannya dengan siaga bencana

16 komentar
Merah yang berarti lava panas, kalau kamu apa devinisi merahmu?


Merah, mungkin bagi sebagian orang warna merah itu adalah warna pemberani. Atau merah juga diidentikkan sebagai sesuatu yang menggelora. Jujur saja sebenarnya aku termasuk yang menyukai warna merah, tapi tidak terlalu memfavoritkannya. Warna merah cenderung memiliki pesonanya sendiri.


Seperti yang disinggung di atas, merah juga identik dengan gelora, gelora semangat ataupun gelora dalam hal yang negatif. Seperti beberapa waktu lalu, negeri kita gempar dengan salah satu berita video syur "Kebaya Merah", kok bisa kebaya merah? Mungkin karena salah satu pemainnya konon katanya memakai outfit kebaya merah, atau memang warna merah ini memiliki geloranya sendiri.

Namun sejujurnya, aku sering mengidentikkan merah itu sebagai alarm bencana, seperti merah sirene ambulan, pemadam kebakaran dll, bahkan simbol-simbol tanda bahaya juga memakai warna merah.

Kemudian aku teringat dengan salah satu drama korea yang pernah masuk list film favoritku, yang berjudul Jirisan. Tapi sayangnya saat tulisan ini kutulis, tiba-tiba aku lupa dengan nama-nama pemerannya hahahaha. Sering bilangnya mbak sassy girl, dan mas pangeran (di drama prince hour) hahaha. Ketauan umurnya kan ini.

Jujur aku sukaaaaa banget dengan drama ini, dengan latar di gunung jirisan yang tentu saja dengan pesona alamnya yang enak banget di mata. Bawaannya sejuk, tenang dan enak. Konfliknya tentang kasus pembunuhan berantai serta fenomena bencana alam yang sering terjadi di gunung.

Aku ingat sekali, seragam merah jaket berwarna merah, terlihat pas terlihat saat mereka harus melakukan patroli di alam. Memang warna merah ini memiliki pesonanya tersendiri ya.

Seperti yang tertulis sebelumbya Jirisan ini mengangkat tema tentang alam, bencana alam dan keserakahan manusia dalam eksplore alam. Dari dram ini sebenarnya aku mendapat banyak pelajaran, terutama tentang siaga bencana.

Apa saja sih bencana yang sering terjadi di gunung?Erupsi gunung berapi, salah satu bencana alam yang sering terjadi di kawasan pegunungungan, di Indonesia sendiri memiliki 68 lebih gunung yang masih aktif, namun dalam status tertidur yang bisa jadi akan terbangun pada suatu hari nanti.

Wedhus gembel, Secara umum kandungan "Wedhus Gembel" yang nama ilmiahnya pyroclastic density flow adalah zat padat (debu volkanik dengan ukuran mulai dari ash sampai lapili), dan fase gas (CO2, sulfur, chlor, uap air dan lainnya) yang bercampur udara. Wedhus gembel ini adalah alarm kalau gunung akan erupsi.

Gempa, erupsi gunung bisa mengakibatkan bencana gempa bumi di kawasan pegunungan. Seringanya gempa menjadi awal mula dari bencana alam erupsi.
Hujan lebat, gubung memiliki cuacanya sendiri, kita sering menjumpai kalau sedang naik gunung tiba-tiba mendung atau turun hujan. Nah di gunung ini seting terjadi bencana alama hujan lebat. Mungkin karena berada di atas sehingga air hujan yang jatuh lebih banyak.

Kebanjiran, hujan lebat tentu saja menyebabkan kebanjiran. Nah, ada salah satu part di drama jirisan yang baru kusadari. Kalau di pegunungan juga terdapat sungai-sungai dan sungai ini bisa meluap dan menimbulkan bencana bila resapan air berkurang karena sering adanya penebangan hutan, atau karena saking besarnya hujan sehingga sungai meluap dan menyebabkan banjir.

Kebakaran hutan, sering terjadi di negeri ini tentang kebakaran hutan. Bisa jadi karena faktor iklim yang ekstrim seperti cuaca panas, atau karena manusia yang menutup atau membuka lahan baru dengan membakar hutan.

Related Posts

16 komentar

  1. Wah jadi penasaran dg film Jirisan. Seperti apa ya petugas patroli di alam. Erupsi gunung berapi memang mengerikan. Aku ngalamin pas di Jogja mbak. Abunya sampai ke kota

    BalasHapus
  2. Ini wawasan berharga nihhh
    Karena ga banyak yg tau juga lho.
    Makasi sharing nya mba

    BalasHapus
  3. Waahh ilmu baru nih jadi nambah wawasan..selama ini aku taunya merah identik dengan berani. Makasih mba.

    BalasHapus
  4. Warna merah kalau aku lagi bersemangat suka sekali pakai gincu warna merah, Mbak. Warna merah cenderung menegaskan keberanian tapi mungkin disatu sisi ada yang memberikan sudut pandang lain ya,Mbak.

    BalasHapus
  5. Membaca artikel mba yang membahas wedhus gembel mengingatkan Semeru yang mulai melihatkan keberadaannya untuk sekian kalinya.
    Kemarin Gunung Semeru siaga 4 memberikan alarm bahwa gunung akan erupsi. Semoga saudara kita yang berada di sekitarnya selalu dalam lindungan Allah, aamiin.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat banyak bencana terjadi di negara kita ya akhir akhir ini. Tempat saya di Cianjur kena gempa. Belum kemarin ada juga di Garut. Eh sekarang Semeru di Jatim. Ya Allah semoga kami terlindungi
    Aamiin...

    BalasHapus
  7. bencana sedang berurutan terjadi, semoga kita semua dilindungi Allah SWT. warna merah memang identik dengan siaga bencana ya

    BalasHapus
  8. Bàca ini kok pas banget ya kemarin Merapi erupsi lagi
    Bencana datang silih berganti menjelang pergantian tahun
    Sedih

    BalasHapus
  9. Ya Allah sungguh kami hanya makhluk Allah yang hina yang berlumur dosa. Jauhkan kami dari segala musibah yang terjadi akibat ulah manusia sendiri

    BalasHapus
  10. Iya sih baru nyadar merah itu tanda siaga bencana, kek pemadam kebakaran, lampu merah jalan, sirine ambulance dsb. Btw belum pernah nonton jirisan aku tuh hiks padahal kek.y keren

    BalasHapus
  11. Betul Mbak, merah itu memang identik dengan tanda siaga, awas, atau hati-hati ya. Dengan banyaknya bencana akhir-akhir ini di sekitar kita, saatnya untuk terus waspada dan saling mengingatkan. Semoga kita semua terhindar dari bencana ya.

    BalasHapus
  12. Jirisan itu kalo ngga salah ngangkat ceritanya ranger hutan ya? Pernah baca artikel tentang pekerjaan ranger hutan soalnya. Trus warna merah itu emang identik dengan yang "bahaya" ya

    BalasHapus
  13. Si jago merah juga sering dinisbatkan untuk api.. api sendiri banyak manfaatnya jika digunakan sekedarnya. Dan akan berbahaya jika ia membesar diluar kendali kita. Bisa dianalogikan juga untuk keberanian ya..

    BalasHapus
  14. kalau dalam hal bencana, warna merah itu sudah warna bahaya ya, mbak. sama juga kayak di lampu merah warna merah ini berarti kita harus berhenti karena mobil di seberang sedang jalan

    BalasHapus
  15. Aku jadi penasaran sama jirisan mbak.

    Ini kok ya pas banget di Indonesia lagi banyak bencana. Jadi harus tau gimana mengenali tanda-tandanya

    BalasHapus
  16. Allah ngasih kode, pertanda kepada manusia secara tida kita sadari, dan kita yang kotanya masih baik baik saja harus bersyukur dan lebih giat, tekun beribadah

    BalasHapus

Posting Komentar